maka dapat dipantau volume tangki dengan mengendalikan q in (0 – 5 liter/s) melalui pengaturan potensiometer. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. Jurnal COMMON EMITTER CONFIGURATION (CEC). Home · Jurnal COMMON EMITTER CONFIGURATION (CEC). COMMON EMITTER CONFIGURATION. Potensiometer adalah sebuah jenis resistor yang nilai tahanannya atau hambatannya (resistansi) dapat dirubah atau diatur (adjustable). Potensiometer.

Author: Vudojind Mule
Country: Paraguay
Language: English (Spanish)
Genre: Health and Food
Published (Last): 6 January 2006
Pages: 353
PDF File Size: 4.89 Mb
ePub File Size: 7.17 Mb
ISBN: 641-1-32223-392-4
Downloads: 99472
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Visida

Tengangan adalah tegangan sumber yang berasal dari power supply yang ditetapkan dengan 3 Volt.

Jurnal COMMON EMITTER CONFIGURATION (CEC)

Dengan demikian, untuk jural tembus tinggi tegangan, wilayah kolektor relatif ringan doping Bird, Multitester 1 buah e. The common-emitor penguat memiliki resistansi output tinggi dan rendah resistansi masukan tetapi rasio dari dua tidak begitu tinggi untuk common-base amplifier.

Potensiometer B10K 2 buah b. Mengulangi kegiatan dengan kenaikan yang ditentukan oleh asisten pembimbing. Sedangkan prinsip kerja dari transistor emitor ditanahkan yaitu penguat transistor yang kaki emiternya digroundkan lalu judnal dimasukkan ke basis dan output diambil pada kaki kolektor penguat emitor ditanahkan juga mempunyai karakter sebagai penguat tegangan. Lengkungan ciri statik masing-masing arus basis iB mempunyai kemiringan yang benar, yang berarti impedansi keluaran transistor yang sebanding dengan kebalikan kemiringan lengkungan ciri mempunyai nilai kecil, makin besar arus basis iB makin besar kemiringannya.

Impedansi masukan yang tak terlalu besar dan impedansi keluaran yang potensiimeter terlalu kecil membuat penguat emitor ditanahkan sangat baik digandengkan dalam beberapa tahap tanpa banyak ketidaksesuaian impedansi pada alih tegangandari satu tahap ketahap berikutnya Sutrisno, Petitorio Cec Periodismo Pada karakteristik keluaran dimana pada kaki kolektor dimasukkan pada keluaran sehingga kaki emitter berfungsi sebagai penguat atau ditanahkan dan arus pada basis bernilai konstan dan tegangan bertambah besar.

Memahami krakteristik transistor emitor ditanahkan.

Praktikum ini bertujuan untuk memahami karakteristik transistor emitor ditanahkan dan memahami prinsip kerja transistor emitor ditanahkan. Ini berlawanan dengan yang terjadi pada penguat basis ditanahkan, dimana untuk nilai VCB besar kurva ciri statik masukan lebih cepat naik.

  CONTOH SOAL TPA OTO BAPPENAS PDF

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dapat kita sempulkan bahwa untuk ciri statik keluaran CEC sama dengan dioda pada keadaan panjar maju, pada data yang diperoleh menandakan bahwa semakin besar tegangan yang diberikan maka arus pada kolektor semakin besar.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa percobaan yang kami lakukan dapat dikatakan berhasil karena mendekati teori yang telah ditetapkan. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ciri static masukan pada emitter ditanahkan sama dengan ciri statik diode pada keadaan panjar maju. Dari gafik diatas menunjukkan bahwa pada percobaan ini belum dikatakan berhasil karena grafik yang diperoleh tidak sesuai dengan grafik menurut teori, disebabkan oleh diode yang digunakan panas menyebabkan dioda tidak bekerja dengan baik sehingga pada percobaan ini gerfik yang tunjukkan seperti grafik diatas.

Arus kolektor berbentuk gelombang sinus yang diperkuat pada frekuensi yang sama mengalir melalui resistansi kolektor dan menghasilkan tegangan keluar yang diperkuat Daryanto, Ia juga memiliki gain tegangan tinggi dan arus tinggi dan yang menyumbang itu menjadi yang paling banyak digunakan dari tiga dasar bipolar transistor sirkuit. Power supply adalah alat yang digunakan untuk menyuplay teganagan dari PLN dan transistor adalah komponen aktif yang digunakan untuk penguat pada emitter.

Mengetes komponen dengan mengunakan potensiomter. Merangkai alat komponen seperti pada gambar. Voltmeter 2 buah c. Remember me Forgot password? Memahami prinsip kerja transistor emitor ditanahkan. Ini membentuk dasar dari sebagian besar jenis penguat, osilator dan pembangkit pulsa Amos dan James, Hal itu berarti bahwa emitor terletak pada tanah AC, tetapi tidak selalu pada tanah DC. Ekspresi di atas juga menunjukkan bahwa resistansi input dari common-emitor penguat bervariasi dengan arus emitor seperti dalam tegangan common-base dan dapat menyebabkan distorsi dalam tegangan amplifier jika resistansi sumber tidak besar jurnzl dengan nilai rata-rata resistansi masukan.

Ciri statik keluaran a. Principles of transistor circuits. Electronic Circuits Fundamentals and Applications. Kabel probe 2 buah 2.

ProsedurKerja Prosedur kerja pada percobaan ini adalah sebagai berikut: Arus adalah elekron yang mengalir dari power supply melalui ptensiometer menuju ke transistor yang dirangkai seri dengan alat ukur amperemeter. Electrical Principles and Technology for Engineering. Variabel yang diukur dalam praktikum ini adalah poteniometer dan tegangan pada transistor.

  GUSTAVE FLAUBERT LAS TENTACIONES DE SAN ANTONIO PDF

Karena emitornya dipintaskan ke tanah, penguat ini kadang-kadang disebut penguat emitor ditanahkan. We share information about your activities on the site with our partners and Google partners: Namun, arus emitor konvensional sebagian besar mengalir dari kolektor melalui basis ke emitor, maka daerah emitor jauh lebih berat didoping dengan atom donor elektron dari dasar adalah dengan atom akseptor lubang.

Jurnal COMMON EMITTER CONFIGURATION (CEC) – PDF Free Download

Jika arus kolektor terhadap dalam orde 1 mA, maka arus basis yang masuk adalah orde puluhan mikro amper. Memutar potensiometer R2 secara terus menerus dan sambil mengamati tegangan VBE dan secara bersama mengamati pula amperemeter sebagai arus IB.

Karena transistor tigaterminal perangkat, satu elektroda harus tetap umum untuk baik input dan output Tooley, Memutar potensiometer R1 secara terus menerus dan sambil mengamati tegangan VCE dan secara bersama mengamati pula amperemeter sebagai arus IC. Pada percobaan ini menggunakan dua buah power supply yang digunakan sebagai tegangan sumber dan tegangan yang diberikan masing-masing power supply yaitu 3 Volt, dan transistor yang digunakan yaitu tipe NPN BCB, serta potensiometer yang digunakan B10K.

Transistor 2 buah Identifikasi Variabel 1. Common base, emitter, collector.

Your consent to our cookies if you continue to use this website. Dari grafik yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pada percobaan ini belum dikatakan berhasil karena grafik yang diperoleh tidak sesuai dengan teori yang ada, disebabkan oleh komponen yang digunakan tidak berfungsi jjurnal baik. Common emitter transistor characteristics Project Report. Power Supply 2 buah d.