DDII (Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia) (), Khittah Da’wah [Guiding Principles of Dakwah], Jakarta. Husin, Asna (), ‘Philosophical and Sociological. Aktualisasi Khittah Muhammadiyah. dibandingkan dengan pandangan politik.3 • Dakwah dalam gerakan sosial masyarakat seperti sekedar memancing teri. (Yusuf ) Kita perhatikan bahwa jama’ah-jama’ah da’wah yang menis- batkan kepada kepentingan da’wah, memiliki khittah dan manhaj yang berbeda-beda.

Author: JoJokora Vudozil
Country: Rwanda
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 27 November 2004
Pages: 73
PDF File Size: 18.27 Mb
ePub File Size: 18.3 Mb
ISBN: 251-9-58751-755-3
Downloads: 12638
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kazilmaran

Published on Jan View 7 Download 0. Karenahidayah-Nya pula, Alhamdulillah, penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul Langkah-Langkah Muhammadiyah Khittah di Universitas Muhammadiyah Metro ini sebagai tugas dari mata kuliah Kemuhammadiyahan III tepat pada waktunya.

Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Muhajir selaku dosen pengampu mata kuliah Kemuhammadiyahan III yang telah banyak memberikan bimbingan dan pengarahan serta semua pihak yang telah membantu kjittah makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Akhirnya penulis mohon kritik dan saran untuk lebih sempurna nya makalah ini. Selanjutnya penulis berharap makalah yang sederhana ini bermanfaat, terutama bagi yang membutuhkan nya. Perjuangan Muhammadiyah tersebut dilaksankan melalui gerakan dakwah amar maruf nahi munkar di seluruh lapangan kehidupan dengan sasaran umat dakwah dan khittab ijabah baik pada level perseorangan maupun masyarakat, sebagaimana yang menjadi misi persyarikatan sesuai firman Allah dalam surat Ali Imran: Ditinjau dari stuktur konsepsinya, pada hakekatnya perjuangan Muhammadiyah merupakan khitgah strategis dari Khittah perjuangan muhammadiyah.

Karena itu Khittah Perjuangan Muhammadiyah dapat dikatakan dengan sebagai pola dasar dari strategi perjuangan Muhammadiyah. Sedangkan dilihat dari substansinya, Khittah Perjuangan Muhammadiyah dapat dikatakan sebagai teori perjuangan, yakni sebagai kerangka berfikir untuk memahami dan memecahkan persoalan yang dihadapi Muhammadiyah sesuai dengan gerakannya dalam konteks situasi dan kondisi yang dihadapi. Selain xakwah juga dapat bisa memahami arti Khittah dengan baik dan benar.

Untuk mengetahui definisi dari Khittah.

Untuk mengetahui arti dari Langkah-langkah muhammadiyah. Khittah secara bahasa berarti langkah atau jalan.

Dalam dunia gerakan Muhammadiyah, Khittah dipakai untuk menyebut panduan langkah-langkah dalam berjuang. Khittah adalah pedoman yang dipegang oleh Muhammadiyah yang sangat berguna ketika menghadapi kenyataan yang sebenarnya di masyarakat.

Singkatnya khittah adalah garis-garis garis haluan perjuangan Muhammadiyah. Khittah itu mengandung konsepsi pemikiran perjuangan yang merupakan tuntunan, pedoman, dan arah perjuangan.

  DSEI2X101 12A PDF

MANHAJ MUHAMMADIYAH: IDEOLOGY, KHITTAH & LANGKAH | Suzana Rahman

Hal tersebut mempunyai arti penting karena menjadi landasan berpikir dan amal usaha bagi semua pimpinan dan anggota muhammadiyah. Garis-garis besar perjuangan Muhammadiyah tersebut tidak boleh bertentangan dengan asas dan program yang telah disusun. Isi khittah harus sesuai dengan tujuan Muhammadiyah, khittah disusun sesuai dengan perkembangan zaman.

Ini setidaknya yang terekam dalam sejarah rumusan khittah Muhammadiyah. Mas Mansyur pada masa kepemimpinannya tahun Melakukan kebijaksanaanDalam gerak kita tidaklah melupakan hikmah, hikmah hendaklah disendikan kepada Kitabullah dan Sunnaturrasulillah.

Kebijaksanaan yang menyalahi ke-dua pegangan kita itu, mestilah kita buang, karena itu bukan kebijaksanaan yang sesungguhnya. Dalam pada itu, dengan tidak mengurangi segala gerakan kemuhammadiyahan, maka pada tahun H. Muhammadiyah mengemukakan pekerjaan akan: Menguatkan majelis tanwirSebab majlis ini nyata-nyata berpengaruh besar dalam kalangan kita Muhammadiyah dan sudah menjadi tangan kanan yang bertenaga dsisi Hoofdbestuur PP Muhammadiyah, maka sewajibnyalah kita perteguhkan khkttah diatur yang sebaik-baiknya.

Mengadakan konferensi bagianUntuk mengadakan garis yang tentu dalam langkahlangkah bagian kita, maka hendaklah kita berikhtiar mengadakan Konperensi bagian, umpama: Penyiaran Agama seluruh Indonesia dan lain-lain sebagainya.

Mempermusyawarahkan putusanAgar dapat keringanan dan dipermudahkan pekerjaan, maka hendaklah setiap ada keputusan yang mengenai kepala Majlis Bagiandimusyawarahkanlah dengan yang bersangkutan itu lebih dahulu, sehingga dapatlah mentanfidzkan dengan cara menghasilkannya dengan segera. Mempersambung gerakan luarKira berdaya-upaya akan memperhubungkan diri kepada iuran eksternlain-lain persyarikatan dan pergerakan di Indonesia, dengan dasar Silaturahim, tolong-menolong dalam segala kebaikan, yang tidak mengubah asasnya masingmasing, terutama perhubungan kepada persyarikatan dan pemimpin Khitta.

Muhammadiyah berjuang untuk mencapai atau mewudkan suatu cita-cita dan keyakinan hidup yang bersumber ajaran islam.

MANHAJ MUHAMMADIYAH: IDEOLOGY, KHITTAH & LANGKAH

Dakwah islam dan amar makruf nahi munkar dalam arti dan proposi yang sebenar-benarnya sebagaimana yang dituntunkan oleh Muhammad Rasulullah SAW adalah satu-satunya jalan untuk mencapai cita-cita dan keyakinan hidup tersebut. Dakwah Islam dan amar makruf nahi munkar seperti yang dimaksudkan harus dilakukan melalui 2 saluran atau bidang secara simultan: Saluran politik kenegaraan politik praktis b.

Untuk melakukan perjuangan dakwah Islam dan amar makruf nahi munkar seperti yang dimaksud di atas, di buat alatnya masing-masing yang berupa organisasi: Untuk saluran atau bidang politik kenegaraan politik praktis dengan organisasi politik partai.

  DESCARGAR MODELO 036 HACIENDA PDF

Untuk saluran atau bidang kemasyarakatan dengan organisasi non partai. Sedang untuk alat perjuangan dalam bidang politik kenegaraan politik praktisMuhammadiyah membentuk dakwan partai politik diluar organisasi Muhammadiyah.

Muhammadiyah harus menyadari bahwa partai tersebut adalah merupakan proyeknya dan kihttah membinanya. Antara Muhammadiyah dan partai tidak ada hubungan organisatoris, tetapi memiliki hubungan ideologis. Masing-masing berdiri dan berjalan sendiri-sendiri menurut caranya sendiri-sendirii, tetapi dengan saling pengertian dan menuju tujuan yang satu.

Pada prinsipnya tidak dibenarkan adanya rangkap jabatan, terutama jabatan pimpinan antara keduanya demi tertibnya pembagian kerja sama. Progam Dasar PerjuanganDengan dakwah dan amar maruf nahi munkar dalam arti dan proposi yang sebenar-benarnya, Muhammadiyah harus dapat membuktikan secara teoritis konsepsional, secara operasional dan konkrit riil bahwa ajaran islam mampu menguatkan masyarakat dalam Negara Republik Indonesia yang berpancasila dan UUD 45 mrnjadi masyarakat yang adil dan makmur serta sejahtera, bahagia material dan spiritual yang diridhai oleh Allah SWT.

K h i t t a h mmm

Perubahan itu menyangkut seluruh khirtah kehidupan masyarakat, diantaranya bidang sosial, ekonomi, politik dan kebudayaan yang menyangkut perubahan stukturil dan perubahan pada sikap serta tingkah laku dalam hubungan antar manusia. Muhammadiyah sebagai gerakan, dalam mengikuti perkembangan dan perubahan itu, senantiasa mempunyai kepentingan khitth melaksanakan amar makruf nahi munkar, serta menyelenggarakan gerakan dan amal usaha yang sesuai dakwaj lapangan yang dipilihnya masyarakat, sebagai usaha Muhammadiyah untuk mencapai tujuannya: Menegakan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah SWT.

Dalam melaksanakan usaha tersebut, Muhammadiyah berjalan diatas prinsip gerakannya, seperti yang dimaksud di dalam Matan Keyakinan Cita-cita Hidup Muhammadiyah. Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah itu senatiasa menjadi landasan gerakan Muhammadiyah, juga bagi gerakan dan amal usaha dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat dan ketatanegaraan, serta dalam bekerja sama dengan golongan islam lainnya.

Perkembangan masyarakat Indonesia, baik yang disebabkan oleh daya dinamik dari dalam ataupun karena persentuhan dengan kebudayaan dari luar, telah menyebabkan perubahan tertentu.

Haedar,Manhaj Gerakan Muhammadiyah Yogyakarta: The History of EnglishTea.